Puncak Acara Peringatan HUT RI Ke-73 di Kecamatan Secang


Created At : 2018-08-27 00:00:00 Oleh : Wiwid Kec.Secang Berita / Artikel Dibaca : 431

Setelah serangkaian agenda yang begitu padat dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73 yaitu berbagai lomba permainan anak, jalan santai berhadiah dan pentas seni, pada tanggal 17 Agustus 2018 di lapangan Patal Secang dilangsungkan upacara bendera tingkat Kecamatan Secang sebagai puncak acara peringatan.  Upacara diikuti oleh kurang lebih 700 peserta yang terdiri dari unsur pelajar (SD, SLTP,SLTA), TNI, Polri, PGRI, Korpri, Linmas dan komunitas Lindu Aji yang terbagi dalam 8 peleton pasukan. Duduk di kursi undangan adalah Muspika, Kepala-kepala Desa, Tim Penggerak PKK, Persit, Bhayangkari, Veteran, tokoh masyarakat dan Pejabat Eselon IV dan III di lingkup Kecamatan Secang. Ada yang istimewa pada deretan tamu undangan duduk dua orang anak muda yang cukup dikenal masyarakat Indonesia yaitu kembar Bagas dan Bagus yang merupakan pemain sepakbola TimNas U 16 berasal dari Desa Pancuranmas yang berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan menjuarai Piala AFF U 16 Tahun 2018 yang baru saja berlalu.

Sebelum upacara dimulai, ditampilkan Drumband MTs. Ar Roshidin Secang yang memainkan 3 buah lagu. 

Pada upacara ini, Ipda. Chumaidi bertindak sebagai komandan upacara.  Beliau adalah Kanit Bimas pada Polsek Secang. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dilaksanakan oleh siswa-siswi SMA dan SMK Islam Secang yang terbagi dalam formasi pasukan 17 pasukan 8 dan pasukan 45. Pasukan yang sudah berlatih dibawah bimbingan Koramil dan Polsek Secang ini dengan lancar dan semangat, sukses mengibarkan bendera merah putih di langit Kecamatan Secang.  Rasa haru dan hikmat demikian terasa pada saat bendera dikibarkan dengan diiringi lagu Indonesia Raya oleh paduan suara SMP Negeri 1 Secang.  Detik-detik Proklamasi diperingati pada jam 09.30 WIB dengan ditandai suara sirine dan genderang  yang berlangsung kurang lebih selama 1 menit. 


Selanjutnya dibacakan amanat Gubernur Jawa Tengah oleh Camat Secang Iwan Agus Susilo, S.Sos, MM yang bertindak selaku Inspektur Upacara. Pada intinya berupa ajakan bagi seluruh warga Negara Indonesia untuk berperan aktif dalam merawat capaian dan kemajuan pembangunan dan membantu menyelesaikan masalah-masalah kebangsaan yang mengancam tegaknya NKRI. Meneladani nilai-nilai kejuangan para pahlawan dan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila juga harus dilaksanakan.

Setelah upacara selesai diselenggarakan tasyakuran di Aula kantor Kecamatan Secang.  Sedangkan pada sore harinya dilaksanakan upacara penurunan bendera (Aubade) dengan Inspektur upacara Danramil Secang Kapten ARMED Suryo Wibowo.

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara